JAKARTA - Persaingan kendaraan listrik di Indonesia makin memanas, dan kini pasar kedatangan pesaing baru dari BYD yang menghadirkan Atto 1, city car listrik yang mencuri perhatian. Dengan harga hanya Rp195 juta, Atto 1 menawarkan paket teknologi dan fitur keselamatan yang biasanya hanya ditemukan di mobil kelas menengah ke atas. Dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, BYD Atto 1 tampil sebagai bintang utama yang langsung menarik perhatian pengunjung.
Meski menyasar segmen city car, BYD tidak main-main dalam membekali Atto 1 dengan spesifikasi tinggi. Platform e-Platform 3.0, baterai Blade yang telah terbukti keamanannya, hingga desain kabin digital membuat mobil ini terasa lebih dari sekadar kendaraan listrik murah.
Fondasi Teknologi: e-Platform 3.0 dan Blade Battery
BYD Atto 1 menggunakan e-Platform 3.0, arsitektur khusus kendaraan listrik yang mengintegrasikan delapan komponen penting seperti inverter dan sistem pendingin dalam satu sistem modular. Dengan rancangan ini, bobot kendaraan menjadi lebih ringan, konsumsi daya lebih efisien, dan rangka kendaraan lebih kaku untuk kestabilan berkendara di berbagai kondisi jalan.
Dari sisi sumber daya, Atto 1 dibekali Blade Battery berjenis LFP. Baterai ini tak hanya berfungsi sebagai penyimpan energi, tetapi juga sebagai struktur utama kendaraan. Dengan kapasitas 30,08 kWh (varian Dynamic) dan 38,88 kWh (varian Premium), baterai Blade terbukti aman. Uji tembus paku menunjukkan sel tidak terbakar dan hanya mencapai suhu maksimum 60°C, jauh lebih aman dibanding baterai nikel-kobalt-mangan yang bisa melebihi 500°C saat terjadi kerusakan termal.
Kabin Luas dan Senyap
Meskipun dimensinya kompak, BYD Atto 1 tidak mengorbankan kenyamanan penumpang. Head of Product BYD Indonesia, Bobby Bharata, menjelaskan bahwa jarak antar roda 2.500 mm menjadikan kabin terasa lapang, sebanding dengan model BYD Dolphin yang lebih besar.
“Meskipun ini city-car, dengan jarak ini Atto 1 tetap memberikan kelegaan di dalamnya. Kurang lebih, kelegaan ini mirip seperti BYD Dolphin,” kata Bobby.
Bagasi Atto 1 juga cukup fungsional, dengan kapasitas 230 liter dan bisa diperluas hingga 930 liter jika kursi belakang dilipat. Seluruh kabin dilapisi material peredam suara untuk menciptakan perjalanan yang tenang.
Pengisian dan Efisiensi Energi
Mobil ini mendukung pengisian daya AC 6,6 kW dengan waktu sekitar lima hingga enam jam, cocok untuk pengisian semalam di rumah. Untuk pengisian cepat, tersedia port DC CCS2 dengan daya 30 kW (Dynamic) dan 40 kW (Premium), memungkinkan pengisian 30–80% dalam waktu 30 menit.
Atto 1 juga dilengkapi fitur Vehicle-to-Load (V2L) dengan daya 2,2 kW, memungkinkan pengguna mengalirkan listrik ke perangkat lain dari baterai mobil.
“Konsumsi energinya per kilometer kurang lebih 8,5 km/kWh. Dengan pengecasan SPKLU, biaya hariannya sekitar Rp12.376 menurut perhitungan kami,” tambah Bobby.
Desain dan Dimensi
Secara visual, Atto 1 mengusung bahasa desain Ocean, ditandai dengan lampu LED Double Slash yang tajam dan bemper “Wind-Breaker” yang aerodinamis. Ukuran kendaraan 3.925 x 1.720 x 1.590 mm, hanya sedikit lebih besar dari Honda Brio, namun wheelbase 2.500 mm menjaga kabin tetap lega.
Mobil ini menggunakan velg alloy 16 inci dan ban 185/55 R16. Ground clearance 155 mm membuatnya tetap nyaman menghadapi kontur jalanan khas Indonesia.
Fitur Kabin: Layar Putar dan BYD OS
Masuk ke dalam kabin, pengguna disambut layar sentuh 10,1 inci yang bisa diputar horizontal atau vertikal. Sistem operasi BYD OS mendukung Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel, perintah suara bilingual, serta pembaruan over-the-air (OTA). Ada juga panel digital 7 inci untuk informasi penting seperti kecepatan, status baterai, dan tekanan ban.
Varian Premium menawarkan tambahan seperti wireless charger, empat port USB tipe A & C, dan setir tilt-telescopic. Sementara varian Dynamic hanya menyediakan fungsi tilt namun sudah mendukung kunci digital via NFC dan aplikasi BYD.
Keamanan Lengkap, Airbag hingga Radar Parkir
Di sektor keselamatan, Atto 1 sangat kompetitif. Varian Premium memiliki enam airbag, sementara Dynamic empat airbag. Fitur keselamatan aktif juga lengkap, mulai dari Electronic Stability Control (ESC), ABS, EBD, Traction Control, Cruise Control, Hill-Start Assist, dan Electronic Parking Brake dengan fitur Auto-Hold.
“6 airbag dalam city-car mungkin adalah yang terbanyak di kelasnya. Kami di BYD sangat memperhatikan keamanan pengendara dan penumpang,” ungkap Bobby.
Parkir jadi lebih mudah berkat kamera dan tiga radar parkir di bagian belakang. Sementara struktur rangka dengan kekakuan torsi tinggi dan pemasangan baterai di lantai memberikan perlindungan ekstra saat terjadi benturan.
Praktis dan Nyaman untuk Harian
Atto 1 menyediakan kursi kulit sintetis untuk lima penumpang. Jok belakang bisa direbahkan penuh, dan terdapat banyak kompartemen penyimpanan. Sistem pendingin udara sudah dilengkapi filter PM2.5 untuk menjaga kualitas udara kabin.
Varian dan Perbedaan Fitur
Kedua varian memang serupa secara visual, tapi Premium lebih unggul dengan fitur seperti kursi elektrik 6-arah, ambient light multikolor, serta tambahan airbag samping dan tirai. Sementara Dynamic unggul di sisi harga, yakni Rp195 juta, dengan kursi pengemudi manual 4-arah.