JAKARTA - BYD Atto 1 menghadirkan desain interior modern dengan tuas transmisi elektrik yang unik, menempel langsung di dashboard. Posisi ini memungkinkan pengemudi mengoperasikan transmisi dengan mudah, namun beberapa orang mungkin khawatir jika tuas tersebut tidak sengaja tersenggol saat menekan tombol lain di sekitarnya.
Posisi Transmisi yang Aman Saat Berkendara
Head of Product PT BYD Motor Indonesia, Bobby Bharata, memastikan pengemudi tidak perlu khawatir jika tombol transmisi P, D, atau N tertekan saat mobil sedang melaju. Menurut Bobby, “Nggak masalah. Tombol P, drive (D), atau netral (N) itu nggak akan berubah ketika kita lagi jalan di kecepatan berapa pun.”
- Baca Juga Energi Harian Shio
Sistem BYD Atto 1 didesain dengan keamanan tinggi. Jika transmisi dipindah saat mobil berjalan, panel instrumen akan memberikan peringatan, dan transmisi hanya bisa dioperasikan ketika mobil berhenti dan pengemudi menginjak pedal rem. Dengan begitu, risiko kesalahan pengoperasian atau perubahan transmisi yang tidak disengaja dapat diminimalkan.
Teknologi Shift-by-Wire: Transmisi Elektrik Masa Kini
BYD Atto 1 menggunakan sistem shift-by-wire, yang memungkinkan perpindahan gigi dilakukan secara elektrik. Tidak seperti transmisi mekanis konvensional, tombol-tombol transmisi mengirim sinyal ke modul kontrol, lalu aktuator akan memposisikan transmisi sesuai perintah pengemudi. Mode yang tersedia antara lain P (Park), N (Neutral), R (Reverse), dan D (Drive).
Keunggulan shift-by-wire tidak hanya soal keamanan, tapi juga memberikan fleksibilitas desain interior. Tanpa adanya tongkat transmisi besar di konsol tengah, kabin bisa tampil lebih modern dan rapi, dengan tombol atau saklar sederhana yang menggantikannya.
Pengalaman Test Drive BYD Atto 1
Dalam sesi media test drive rute Semarang-Solo-Yogyakarta, BYD Atto 1 menunjukkan kemudahan pengoperasian tombol transmisi meski posisinya menempel di dashboard. Sistem shift-by-wire bekerja mulus dan responsif, memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi, bahkan saat melakukan manuver di jalan raya.
Rangkaian Produk BYD dengan Transmisi Shift-by-Wire
Semua model BYD yang dipasarkan di Indonesia sudah menggunakan teknologi shift-by-wire. Produk-produk tersebut mencakup MPV mewah Denza D9, BYD Sealion 7, Seal, Atto 3, Dolphin, hingga model entry-level Atto 1. Keuntungan teknologi ini terasa di seluruh lini produk, mulai dari kemudahan pengoperasian hingga estetika interior yang lebih bersih dan modern.
Varian dan Spesifikasi BYD Atto 1
BYD Atto 1 tersedia dalam dua varian di pasar Indonesia. Varian Standard dibanderol Rp 195 juta dengan baterai 30,08 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer. Sedangkan tipe Premium dijual seharga Rp 235 juta on the road Jakarta, dengan baterai berkapasitas 38,88 kWh yang menawarkan daya jelajah hingga 380 kilometer.
Kedua varian dilengkapi fitur keselamatan dan kenyamanan modern, termasuk sistem transmisi shift-by-wire yang memudahkan pengemudi sekaligus meningkatkan keamanan saat berkendara. Posisi transmisi yang menempel di dashboard menjadi salah satu ciri khas desain interior BYD Atto 1, sekaligus menunjukkan integrasi teknologi elektrik yang canggih dalam kendaraan listrik masa kini.
Dengan desain tuas transmisi yang menempel di dashboard dan dukungan teknologi shift-by-wire, BYD Atto 1 membuktikan bahwa inovasi interior tidak mengorbankan keamanan. Tombol transmisi aman dari kesenggolan, hanya bisa dioperasikan saat mobil berhenti dan pedal rem diinjak. Sistem ini juga memungkinkan interior tampil modern, rapi, dan futuristik.
Secara keseluruhan, BYD Atto 1 menghadirkan pengalaman berkendara yang nyaman, aman, dan efisien, menjadi salah satu pilihan menarik di segmen mobil listrik entry-level di Indonesia. Teknologi shift-by-wire yang diterapkan di Atto 1 sekaligus menunjukkan komitmen BYD dalam menghadirkan kendaraan listrik yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengemudi.